Saturday 15 December 2018

Biografi Singkat Al Imam Al Wadi’iy رحمه الله

 

Repost by: Alfaruq's Blog
Sumber Channel Telegram: MaktabahFairuzAdDailamiy

Biografi Singkat Al Imam Al Wadi’iy رحمه الله

Al Imam Al Wadi'iy 
Imam al wadi

Ditulis Oleh :
Asy Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Indonesiy Al Qudsiy Al Jawiy حفظه الله

------------------------ 

Sesungguhnya penelusuran jalan hidup seseorang itu penting sekali dalam menyingkap hakikat keadaan dan aqidah dirinya. Maka berikut ini biografi ringkas yang indah dari Al Imam Al Wadi’iy رحمه الله yang menunjukkan keimaman beliau dalam kebaikan.


Nasab beliau:

Beliau adalah Al Imam Al ‘Allamah Al Muhaddits Abu Abdirrohman Muqbil bin Hadi bin Qoyidah Al Hamdaniy Al Wadi’iy Al Yamaniy.

Tahapan beliau dalam menuntut ilmu:

Al Imam رحمه الله memulai menuntut ilmu di Al Maktab hingga menyelesaikan masa belajar di situ, kemudian beliau pergi ke masjid Al Hadi, tapi beliau tidak terbantu untuk menuntut ilmu. Sekian lama setelah itu beliau pergi ke Tanah Suci dan Najd, lalu minta nasihat pada sebagian pemberi nasihat tentang apa sajakah kitab-kitab yang berfaidah untuk beliau beli? Maka sang penasihat membimbing beliau untuk membeli “Shohihul Bukhori”, “Bulughul Marom”, “Riyadhush Sholihih” dan “Fathul Majid”. Ketika itu beliau رحمه الله bekerja sebagai penjaga gedung di Hajun. Lalu beliau tekun membaca kitab-kitab tadi. Dan kitab-kitab tadi menempel di benak beliau karena praktek amalan di negrinya berlainan dengan apa yang ada di dalam kitab itu, terutama “Fathul Majid”.

Selang waktu kemudian beliau pulang ke negrinya, dan mulai mengingkari perkara-perkara yang beliau dapati ada di masyarakat seperti penyembelihan untuk selain Alloh, pembangunan kubah di atas kuburan, seruan kepada orang mati, dan minta bantuan pada orang mati. Maka berita itu sampai kepada orang syi’ah sehingga membuat mereka marah. Di antara mereka ada yang berkata: “Barangsiapa menukar agamanya, maka bunuhlah dia.” Dan di antara mereka ada yang mengirim utusan pada kerabatnya dan berkata: “Jika kalian tidak menghalanginya maka kami akan memenjarakannya.”

Setelah terjadi berbagai tekanan, mereka membuat ketetapan yang tidak bisa dielakkan oleh beliau yaitu: mereka menetapkan untuk memasukkannya ke “Jami’ul Hadi.”
Manakala beliau mendapati bahwasanya kitab-kitab yang diajarkan itu tidak berfaidah selain “Nahwu”, dan beliau melihat bahwasanya kitab-kitab yang ditetapkan itu beraliran syi’ah mu’tazilah, beliau رحمه الله berkonsentrasi pada ilmu “Nahwu”. Beliau sering menasihati seorang pengajar mereka yang bernama Muhammad bin Hauriyyah untuk meninggalkan ramalan bintang, tapi orang ini menolak dan bahkan dia menasihati para pengelola universitas ini untuk mengusir Asy Syaikh Muqbil رحمه الله, tapi orang-orang memberikan syafa’at untuk beliau.

Ketika terjadi pemberontakan kaum republik, beliau رحمه الله dan keluarganya meninggalkan negrinya dan tinggal di Najron. Beliau tekun menyertai syaikh beliau Abul Husain Majduddin Al Muayyad hingga beliau mengambil faidah darinya terutama ilmu bahasa Arob. Beliau tinggal di situ sekitar dua tahun, kemudian pergi ke Tanah Suci dan Najd. Beliau tinggal di Najd sekitar satu setengah bulan di Madrosah Tahfizhil Qur’an dibawah pengelolaan Asy Syaikh Muhammad bin Sinan Al Hadaiy رحمه الله. Syaikh ini sangat memuliakan beliau dikarenakan melihat beliau sangat bisa mengambil faidah ilmu.

Kemudian beliau berangkat ke Mekkah. Jika mendapatkan pekerjaan, beliau bekerja, dan menuntut ilmu di malam hari, hadir di majelis ta’lim Asy Syaikh Yahya bin Utsman Al Bakistaniy pada pelajaran “Tafsir Ibnu Katsir”, “Shohihul Bukhoriy” dan “Shohih Muslim”. Beliau juga belajar syaikh yang mulia dan tinggi ilmunya: Hakim Yahya Al Asywal Al Yamaniy di pelajaran “Subulussalam” dan yang lainnya. Beliau juga belajar syaikh yang mulia dan tinggi ilmunya: Abdurrozzaq Asy Syahidziy Al Mahwitiy, di sebagian kitab-kitab yang beliau minta untuk diajarkan.

Ketika Ma’hadul Haromil Makkiy dibuka, beliau masuk ke situ dan belajar di sebagian masyayikh yang terkemuka seperti: Asy Syaikh Abdulloh bin Muhammad bin Humaid, dan demikian pula Asy Syaikh Muhammad As Subayyil.

Setelah beliau menetap di ma’had itu, berangkatlah beliau ke Najron untuk mengambil keluarganya, kemudian beliau tinggal di Makkah sepanjang masa belajar di Ma’had itu selama enam tahun. Beliau belajar di antara waktu maghrib dan ‘Isya kepada Asy Syaikh Abdul ‘Aziz bin Rosyid An Najdiy. Dan belajar ke Asy Syaikh Muhammad bin Abdillah Ash Shoumaliy sekitar enam bulan, syaikh ini merupakan ayat Alloh dalam mengenal para rowi “Shohihain”. Beliau mengambil faidah yang banyak dari syaikh tadi dalam ilmu hadits.
Kemudian beliau pindah ke Madinah ke Al Jami’atul Islamiyyah di kuliah Da’wah Wal Ushuluddin. Dan termasuk syaikh beliau yang paling menonjol adalah Asy Syaikh As Sayyid Muhammad Al Hakim Al Mishriy, Asy Syaikh Mahmud Abdul Wahhab Faid Al Mishriy. 

Dan pada musim liburan beliau masuk ke kuliah syari’ah, sehingga beliau رحمه الله menyelesaikan dua kuliah dan diberi dua ijazah. Beliau رحمه الله berkata: “Dan aku dengan pujian kepada Alloh tidaklah diriku peduli dengan dua ijazah itu. Yang terpandang di sisiku adalah ilmu.”

Dan pada tahun itu dibukalah di universitas itu pendidikan tinggi yang dinamakan dengan Majister. Maka beliau masuk ke pendidikan itu, yang mengkhususkan pada bagian ilmu hadits. Dan Asy Syaikh Muhammad Al Amin Al Mishriy, Asy Syaikh As Sayyid Muhammad Al Hakim Al Mishriy, Asy Syaikh Hammad bin Muhammad Al Anshoriy. Dan di sebagian malam beliau menghadiri pelajaran Al Imam Abdul ‘Aziz ibnu Baz di Al Haromul Madaniy dalam “Shohih Muslim”, juga pelajaran Al Imam Al Albaniy dalam majelis-majelis beliau yang khusus untuk para pelajar untuk mengambil faidah.

( “Tadzkirul ‘Ibad ‘Ala Ahliyyatil ‘Alamain Al Wadi’iy Wal Hajuriy Lil Ijtihad Wa Baroatuhuma Min Juhaiman Wa Jama’atil Fasad” |Terjemah Bebas:
“Kemilau Muhaddits Salafiy: Al Muhaddits Muqbil Al Wadi’iy, dan Al Muhaddits Yahya Al Hajuriy” | Asy Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Jawiy )

Dakwah Beliau di Saudi:

Sejak beliau tinggal di Al Haromil Makkiy beliau senantiasa mengajari sebagian penuntut ilmu kitab “Qothrun Nada”, dan “At Tuhfatus Saniyyah”. Di Madinah beliau mengajari para penuntut ilmu kitab “At Tuhfatus Saniyyah”, dan di rumahnya beliau mengajarkan “Jami’ut Tirmidziy”, “Qothrun Nada” dan “Ba’itsul Hatsits”. Maka tersebarlah dakwah yang besar di Madinah sepanjang enam tahun itu, yang dilaksanakan oleh beliau dan sebagian rekan beliau. Dan berlangsunglah safari dakwah di seluruh penjuru kerajaan Saudi, sehingga masyarakat bisa mengambil faidah dan mencintai dakwah.

Ketika fitnah Juhaiman dan gerombolannya menyala, pemerintah Saudi memerintahkan untuk memulangkan seluruh orang asing.

Ketika tiba di Yaman, pulanglah Al Imam Al Wadi’iy رحمه الله ke desa beliau dan tinggal di sana sambil mengajarkan Al Qur’an pada anak-anak, dan menegakkan dakwah. Maka syi’ah dan para musuh Islam mulai menyerang beliau.
Pada suatu hari salah seorang pejabat memanggil beliau, maka masuklah beliau menemuinya disertai dengan Husain bin Qoid Majalli, lalu mulailah beliau bicara tentang syi’ah, dan menerangkan bahwasanya syaikh dan orang-orang yang bersama beliau itu mengajak orang kepada Al Kitab dan As Sunnah, dan bahwasanya Syi’ah merasa dengki pada mereka dengan dakwah tadi, syi’ah takut akan munculnya kebenaran. Maka sang pejabat berkata: “Sesungguhnya syi’ah telah membuat hitam sejarah Yaman. Selama dakwah Anda adalah demikian tadi, maka teruslah berdakwah, kami bersama Anda.”

Setelah itu beliau رحمه الله tinggal di perpustakaan beliau. Dalam waktu sebentar tiba-tiba saja datang beberapa orang Mesir, maka beliau رحمه الله membuka pelajaran dari kitab-kitab hadits dan bahasa untuk mereka. Dan terus-menerus para pelajar berkunjung dari Mesir, Kuwait, Tanah Suci dan Najd, Aljazair, Libia, Somalia, Belgia, dan dari banyak negri Islam dan yang selainnya.

Semangat beliau untuk mengajari para muridnya dan keluarganya sendiri:

 Al Imam رحمه الله terus bersemangat dalam ilmu. Beliau sangat memperhatikan pendidikan. Beliau punya sejumlah pelajaran. Dulu beliau mengajarkan satu jam sebelum zhuhur kitab beliau “Ash Shohihul Musnad Mimma Laisa Fish Shohihain.” Seusai itu beliau mulai mengajarkan “Al Jami’ush Shohih Mimma Laisa Fish Shohihain.” Setelah sholat zhuhur beliau mengajarkan sehari “Tafsir Ibnu Katsir”, sehari kitab beliau “Ash Shohihul Musnad Min Asbabin Nuzul.” Seusai itu beliau menjadikan posisi kitab tadi dengan kitab “Al Jami’ush Shohih Mimma Laisa Fish Shohihain,” maka jadilah sehari “Tafsir Ibnu Katsir”, sehari “Al Jami’ush Shohih Mimma Laisa Fish Shohihain.”

 Setelah ashr beliau mengajarkan “Shohihul Bukhoriy”, setelah maghrib mengajarkan “Shohih Muslim” dan kitab beliau “Ahadits Mu’allah Zhohiruhash Shihhah”. Setelah selesai dari kitab itu, beliau mengajarkan kitab beliau “Ghorotul Fishol ‘Alal Mu’tadina ‘Ala Kutubil ‘Ilal”. Setelah selesai dari kitab itu, beliau mengajarkan kitab beliau “Dzammul Mas’alah” hanya saja beliau sering tidak hadir manakala penyakit beliau mulai parah. Kitab beliau semuanya beliau ajarkan bersama dengan “Shohih Muslim”. Setelah selesai dari kitab “Dzammil Mas’alah”, beliau mengajarkan kitab beliau “Ash Shohihul Musnad Min Dalailun Nubuwwah”, beliau jadikan sehari kitab itu dan sehari “Shohih Muslim”. Bersamaan dengan dua kitab ini beliau juga mengajarkan kitab “Al Mustadrok” dan kitab beliau “Ash Shohihul Musnad Fil Qodar”. Inilah dars Al Imam Al Wadi’iy رحمه الله yang khusus di Darul Hadits.

 Jika beliau pindah ke rumah, beliau mengajari putri beliau Ummu Abdillah kitab “Qothrun Nada”, kemudian para istrinya membaca di hadapan beliau satu hadits dari kitab beliau “Dalailun Nubuwwah”. Beliau juga mengajari mereka imla (dikte). Beliau juga mengajari istri beliau Ummu Syu’aib “Al Mutammimah” sebelum tidur.

( Kemilau Muhaddits Salafiy, Muqbil bin Hadi Al Wadi'i dan Yahya Al Hajuriy | Ditulis : Abu Fairuz Abdurrohman Al Jawiy )

No comments:
Write komentar

Archive

BIOGRAFI