Sumber Channel Telegram: Syarah Shohih al-Bukhori
Kajian Kitab Shohih Bukhori
Bersama:
Asy-Syaikh Abu Fairuz Abdurrahman bin Soekojo Al Jawiy حفظه الله
Yang kelima apa yang paling utama. Bukhari hadis yang kesebelas. Ibni Abdillah, Ibnu Abi Burdah. Ya Rasulullah. ini berarti apa? Hadis Abi Musa Al-Asy'ari radhiyallahu anhu yaitu para sahabat bertanya, ya Rasulullah wahai Rasulullah Islam apa yang paling utama?. yaitu orang yang mana kaum muslimin selamat dari gangguan lidah dia dan tangan dia.
Tayib sebenarnya inti Hadis-nya sama ya. sebelumnya dan bab yang ini. Hanya saja kalau bab yang sebelumnya itu membahas apa muslim yang sebenarnya. oleh Bukhari dan juga apa? Hadis Jabir diriwayatkan oleh Muslim. Ah, sekarang yang di hadapan kita itu adalah Islam apa yang paling utama? Intinya sama sebenarnya.
Tayib. Dalam riwayat yang lain,. yaitu apa? Hadis Abdullah bin Amr Ibnul Ash diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah mmm para sahabat bertanya, ya Rasulullah muslim apa yang paling bagus?
Tayib. Maka rasul. apa? Yaitu seseorang yang para kaum muslimin selamat dari lidah dia dan tangan dia. Inti Hadis-nya sama ini, Hadis Jabir, Hadis Abdullah bin Amr, demikian pula mmm yang ana sebutkan sekarang. Ini eh sebutkan tadi hadis siapa tadi itu ya? Eh hadis Abdullah bin Amr tapi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.. Diperselisihkan oleh para ulama yaitu terkadang pertanyaannya muslim apa yang terbaik? Terkadang Islam apa yang paling utama, terjadi perselisihan.
Kalau Al Habib. Imam Ibnu Rajab al-Hambali membiasakan antara dengan adapun kalau Al Habib Ibnu Hajar mengatakan intinya sama dan intinya sama yaitu yang number satu intinya itu tak masalah. intinya adalah sebagaimana yang dijelaskan oleh Al Imam Al Hafidz Ibnu Mulatin rahimahullah di dalam kitab beliau bahwasanya Hadis ini intinya adalah dorongan. dan anjuran untuk kita tidak mengganggu kaum muslimin. Dan tidak mengganggu orang-orang di alam semesta ini. Intinya adalah itu melaksanakan makna Islam yaitu Salamah keselamatan.. Tayib inilah pembahasan masalah bab-bab ini.
Kemudian kita masuk kepada pembahasan sanadnya setelah membahas masalah babnya sekarang membahas masalah sanadnya. Di sini Imam Bukhari mengatakan. Ibrah Yahya bin Sa'id al-Qurasyi, beliau ini Abu Usman, Said Ibnu Yahab bin Said Al-Kurasi, Al Umawi. Al, mmm Al Baghdadi, beliau tinggal di Baghdad. Beliau sikoh, ayahnya juga. tapi apa? Beliau lebih kuat daripada ayahnya mengatakan ayahnya berarti siapa ini? Ayahnya adalah Yahya bin Said bin Aban Alkurasi Al Umawi Al-Kufi..
Toyib. Tapi juga apa? Tinggal di Bagdad. Ayahnya juga. Cuma apa sih anak lebih hebat? Dan ini kebanggaan ayahnya, ayahnya hebat, anaknya lebih hebat. pahalanya untuk ayahnya, ayah dan ibunya dan tidak layak seorang ayah dengki pada anaknya tapi biasanya ayah lebih suka kalau anaknya lebih hebat dari dirinya seperti apa Nabi Ya'qub dengan Nabi eh dengan anaknya yaitu Nabi Yusuf. adapun kebanyakan para yang lain, ayah itu lebih hebat daripada anaknya, seperti apa? Imam Ahmad dan Abdullah. Abdul Imam Ahmad lebih hebat dari anaknya si Abdullah.
Demikian pula Abu Hakim Ar. Rozi dengan anaknya yaitu si Abdurrahman. Ayahnya lebih hebat daripada anaknya. Tapi semuanya adalah bintang-bintang nomor satu di zamannya. Ini biasanya. Adapun di kalangan sahabat. polanya seperti yang di hadapan kita. Seperti siapa itu Abdullah bin Amr Ibnul Ash dia hadisnya lebih banyak daripada ayahnya Amri bin Ash. Ini semua kebaikan dari Allah taala. Kemudian. Abi itu tadi, siapa itu? Yahya bin Sa'id bin Abban Al-Kurasi, Al-Kufi, tinggal di Bagdad, sikoh, banyak Hadis. Dan beliau adalah Abu Ayyub. Menyampaikan Hadis kepada kami. apa? Masyaallah ya Abu Hurdah ini namanya adalah Buraib, Buraib bin Abdillah bin Abi Burdah. riwayatkan jari datuknya sama ya beliau ini walaupun apa ada sedikit kesalahan tapi tetap beliau juga semua imam meriwayatkan dari. Beliau yaitu datoknya. Jadi beliau bukan kali ini bukan meriwayatkan dari ayahnya tapi langsung dari datuknya Abu MBurdah ini. Abu Murda ini namanya adalah. anak dari Abi Musa Al-Asy'ari anak dari sahabat. Ini ada cerita di dalam kitab punya Ibnul Jauzi, Abuburha ini. yaitu apa? Ketika si Hajjaj bin Yusuf menangkap para ulama banyak sekali ulama yang di ikut-ikutan melakukan pemberontakan bersama Abdurrahman Ibnul Asy'ari ah di antaranya yang ditangkap ada. Lalu apa? Abu Burda berkata kepada salah seorang pengawal. Oh, sebelum itu beliau ditangkap dan kemudian dipenjara bersama banyak orang diterik matahari, sampai sekian hari, sampai kulitnya menghitam. Ketika ibu. datang, ibunya sampai tak kenal, emaknya tak kenal anaknya. Kasihan memang Hajjaj di Jogja. Sampai apa dia mengatakan, Umi, saya ini anakmu, saya Abuburdah, saya Haris sampai ibunya tak kenal karena, karena. terik matahari dan sebagainya mungkin tak mandi juga namanya disiksa oleh hajat jahat sampai kemudian di akhir-akhir hayat beliau, beliau bilang kepada salah seorang pengawalnya yaitu saya siap membayar Anda. sepuluh ribu Dirham. Tapi apa? Anda bagi tahu kepada Hajjaj bin Yusuf saya sudah mati ah nanti apa setelah itu mayat saya tinggal dibawa keluar lalu apa? Saya akan bebas, saya bayar Anda. Maka pengawalnya bilang mana duitnya? Ya sudah dikasih duit sepuluh ribu. Kemudian pengawalnya ini bilang kepada Hajjaj, ini si Abi Burdah telah meninggal dunia. Tahu-tahu Hajjaj mengatakan. Orang besar macam dia kalau mati saya perlu tahu mayatnya. Wah muskilah sudah. Akhirnya apa? Pengawal itu datang ini bahwasanya dia mengatakan apa dia ingin tengok buktinya Anda mati mau takmau saya memang harus membunuh Anda. sudah dapat duit masih buruk juga pengawalnya fasik juga tak tahu ini ulama besar akhirnya apa beliau menangis lalu beliau menulis surat wasiat setelah itu beliau dicekik sampai mati meninggal dunia secara terzalimi di dalam. itu. Ini Abu Burdah Tapi alhamdulillah sebelum beliau meninggal, beliau banyak riwayat menyampaikan hadis-hadis yang banyak, hadisnya di riwayatkan oleh Bukhari, Muslim, dan lain-lain.
Hati-hati. adalah hadis yang di hadapan kita ini hadis yang sangat agung dalam masalah akhlak. Meriwayatkan dari ayah beliau yaitu Abu Musa Al Asyari radhiyallahu anhu, Abu Musa Abdullah bin Qais Al-Asy'ari Al Yamani, Asy'ari. mereka tinggal di daerah Tihamah. Tihamah tidak jauh dari daerah Tihamah Toyib mmm Abu Musa ini beliau ulama besar beliau juga di zaman Umar Ibnu Khattab. Sampai di zaman Usman dan sampai di zaman Ali bin Abi Thalib.
Dan beliau ahli qiraah. Sampai-sampai Rasulullah mengatakan tentang Abu Musa apa itu sungguh orang ini telah di. sebagian dari seruling keluarga Daud, bukan betul-betul seruling, Nabi Daud tidak meniup seruling. Tetapi apa? Nabi Daud beliau membaca eh membaca apa? Beliau yaitu dzahur. Dengan bacaan yang sangat. Indah, sampai gunung-gunung pun ikut berzikir bersamanya, burung-burung juga berhenti di udara, ikut berzikir bersama Nabi Daud. Ah, ternyata di umat ini ada yang memiliki pola seperti itu sebagai karomah yaitu Abu Musa Al-Ashari.. nah sekarang Abu Musa bercerita mereka bertanya wahai Rasulullah Islam apa yang paling utama? Ini menunjukkan semangatnya para sahabat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan bukan sekedar sudah. syahadat saja yang penting nanti masuk surga para sahabat ingin berlomba-lomba mencari kebaikan agar masuk surga dengan derajat yang tertinggi atau juga apa agar pahalanya banyak karena nanti di akhirat segalanya itu akan. di qisos. Qisosnya bukan lagi dengan harta, tetapi dengan apa? Dengan kebaikan dan keburukan kalau kita hanya punya syahadat, kita tak punya banyak amal saleh untuk membayar hutang-hutang kezaliman, boleh jadi kita akan celaka, masuk neraka lebih dulu sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari di dalam kitab beliau dan juga para ulama yang lain dari Jabir bin Abdillah tayib Jabir baru saja kita sebut. ya termasuk yang meriwayatkan hadis diriwayatkan oleh eh Imam Bukhari eh Bukhari dan Muslim kalau tak salah. Ya Bukhari juga nanti kita akan lewati hadis itu Habib Jabir.
Tayib. ketika beliau, beliau mengatakan apa saya mendengar suatu Hadis yang hanya dimiliki oleh Abdullah bin Unais kemudian apa? Kemudian beliau pun membeli seekor unta untuk mengadakan. jalanan sebulan dari dari Madinah ke Syam ini menunjukkan semangat beliau untuk mencari hadis sampai apa beli kendaraan, beli unta, perjalanan sebulan bukan tidur-tidur di atas kapal terbang, bukan. Hadisnya tentang. itu yang mana Abdullah bin Unais mendengar Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda bahwasanya nanti di hari kiamat Allah memanggil seluruh hamba dengan panggilan yang bersuara Allah kalamullah ada suaranya kemudian mengatakan. aku adalah raja yang sebenarnya. adalah penegak pembalasan yang sebenarnya, tidak halal bagi seorang pun dari penduduk surga untuk masuk ke dalam surga sampai aku mmm aku tegakkan dalam keadaan dia masih punya kezaliman.
Demikian. pula penduduk surga, tidak boleh masuk surga dan keadaan dia masih punya utang kezaliman sehingga di antara mereka. Lalu para tabiin, eh para sahabat bertanya kepada Rasulullah sallallahu. wasallam dengan apa di kisas sementara waktu itu manusia dikumpulkan dalam keadaan tidak memakai pakaian dalam keadaan tidak berkhitan tidak punya apa-apa maka Rasulullah menjawab. dengan kebaikan dan keburukan.
Makanya para sahabat mereka tahu bahwasanya mereka sangat memerlukan kebaikan ya, sangat memerlukan untuk menghapus keburukan agar bebannya itu ringan ketika datang di hari kiamat. Maka di antara caranya bagaimana? Bukan hanya memilih dasar Islam, tapi memilih Islam yang paling utama, yang paling baik, inilah semangat sahabat. Mereka ingin yang utama, amalan paling utama, karakter yang paling utama. Ternya. di sini Rasulullah sallallahu alaihi wasallam memberikan jawaban yang melegakan dan nampak sangat ringan. Jawabannya apa? Takdirnya. Islam yang paling utama adalah Islam dari orang yang mana kaum muslimin selamat dari lidah dia dan tangan dia. Ini nampak ringan. Itulah Islam yang paling utama, takperlu keluar duit banyak, takperlu mmm tenaga banyak, yang penting apa? Jaga diri Anda jangan sampai menyakiti kaum muslimin. Ini ringan dan memang asal agama Islam adalah ringan, namun prakteknya. kita punya hawa nafsu, kita bukan orang yang maksum, prakteknya sangat susah. Seperti apa? Menjaga lidah dari menyakiti kaum muslimin, ini susah. Berapa banyak orang yang tidak sabar ketika orang lain bersikap. tidak seperti yang diinginkan lalu dia mencaci maki lalu dia mengutuk padahal apa? Saudaranya atau kerabatnya sudah berusaha baik cuma manusia punya kekurangan lalu dia kutuk-kutuk dia caci maki atau dia gunjing diceritakan ke. negara barangkali atau apa ternyata menjaga ini susah melaksanakan hadis ini susah bagi orang yang tidak belajar dan tidak bertakwa kepada Allah sebe segala-segalanya apa dikutuk segalanya dicaci maki segalanya di air. aid-aib-kan ini bukan hanya orang jahil bahkan orang yang sudah banyak ilmu pun mengalami itu. Demi apa? Menjatuhkan orang lain, dia mengatakan, oh orang ini tak guna pakai, oh dia kalau menulis cuma mmm cuma apa ambil dari laptop saja. Oh dia sendiri mmm tak pandai itu. Intinya apa? Saya lebih baik, saya lebih pandai, saya lebih hebat. Intinya untuk mengagungkan diri sendiri, lidahnya, digunakan untuk memburuk-burukkan orang lain.
Padahal para salaf su. mengatakan barang siapa dulu ada orang-orang yang dia itu terpelihara, tidak diketahui aibnya. Namun tatkala dia mulai memburuk-burukkan orang lain, akhirnya nampak aib dia sendiri dan dibicarakan oleh orang lain. Ternyata M. buruk, ternyata hadis Nabi ini walaupun dia nampak sederhana dan ringkas, tetapi praktiknya itu sangat mendalam dan memerlukan kerja keras dan kesungguhan. Demikian pula masalah tangan.
Ternyata. sesederhana itu berapa banyak orang yang begitu mudah tangannya untuk memukul orang lain, menampar orang lain atau mungkin apa? Menyakiti telinga orang lain, atau juga apa? Membuat jebakan-jebakan, atau menulis dengan tulisan yang. orang lain boleh jadi para yaitu apa para wartawan yang mereka menulis dengan berita yang nampak hebat ternyata itu merusak kehormatan orang lain menipu dan seterusnya atau apa orang yang jadi saksi menurut. persaksian yang palsu atau seorang benda hara yang dia menulis angka-angka yang palsu. Ini mengganggu muslimin dengan tangan dia. Semuanya masuk di situ.
Demikian pula orang-orang yang membuat, membuat apa itu? Bom, untuk. Jadi apa itu teroris, jadi pengganas, tangannya dan kepandaiannya digunakan untuk menyakiti orang lain, untuk merusak bangunan, untuk mengacaukan keamanan dan seterusnya. Ternyata ciri seorang muslim itu tidak sesederhana yang dibayangkan. makanya hadis ini walaupun dia sederhana ternyata dia memerlukan pemahaman dan juga memerlukan apa? Perhatian yang sangat mendalam.
Disebutkan oleh Al-Hafiz Ibnu Mulakin rahimahullah di dalam. kitab beliau bahwasanya ini termasuk ucapan yang mencakupi makna yang sangat mendalam. Hadis nabi pendek, tetapi ternyata maknanya sangat mendalam. Tidak semua orang mampu melaksanakannya kecuali orang-orang yang mendapatkan taufik dari Allah dan hasilnya akan sangat penting. Barang siapa menjaga lisannya akan sedikit aibnya di ketahui orang lain dan akan sedikit dosa-dosa dia. Sebagaimana atsar yang disebutkan oleh Umar bin Abdul Aziz beliau mengatakan barang siapa yakin bahwasanya ucapan itu termasuk amalan maka dia akan menyedikitkan ucapan berapa banyak orang yang mengucap sesuatu ternyata menimbulkan dosa maka dia perlu berhati-hati jangan sampai berbuat zalim kepada orang lain dengan lisannya.
Demikian pula masaalah tangan. Berapa banyak bencana terjadi disebabkan oleh tangan2 umat manusia. Allah taala berfirman itu sebab bencana itu disebabkan oleh ulah tangan kalian. Dalil banyak sekali tentang masalah ini. Makanya barang siapa dia mampu menjaga lidahnya dari keburukan, dan menjaga tangannya dari berbuat kejahatan, maka dia akan mencapai Islam yang paling utama.
Berarti Hadis ini. mendorong kita untuk selalu menjaga diri, menjaga lisan, menjaga anggota badan dan yang lainnya. Dan kata Al-Hafizh Ibnu Mulaqin, hadis ini menjadi bantahan terhadap orang Murjiah karena. mengatakan Islam itu tidak berkurang. Sebagaimana iman tidak berkurang, maka Islam juga tidak berkurang. Sementara hadis ini menunjukkan Islam itu ada yang sempurna, ada yang kurang. Ada yang utama, ada yang kurang utama. tidak semua muslim mencapai tingkatan ini, berarti apa? Islam itu bertambah dan berkurang, Islam itu boleh sempurna, boleh cacat, sebagai bantahan terhadap orang-orang Murjiah.
Powered by Todorant
No comments:
Write komentar